Tiket, Tiket Masuk

Tiket Masuk Borobudur Candi Penuh Nilai Sejarah

Tiket Masuk Borobudur

Wisatamu.com – Candi Borobudur merupakan salah satu objek wisata yang cukup populer di Jawa Tengah ataupun Indonesia, bahkan warga negara asing pun banyak sekali mengunjungi Bangunan sejarah Indonesia ini. Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah selain menjadi objek wisata juga menjadi pusat ibadat bagi penganut Buddha di Indonesia khususnya pada hari besar Waisak. UNESCO menetapkan Candi Borobudur sebagai salah satu keajaiban dunia yang dimanan termasuk situs warisan Dunia.

Tiket Masuk Borobudur

Tiket Masuk Borobudur

Sejarah Candi Borobudur dibangun sekitar tahun 800 Masehi atau abad ke-9. Candi borobudur dibangun oleh para penganut agama Buddha Mahayana pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra. Candi Borobudur ini dibangun pada masa kejayaan Dinasti Syailendra. Pendiri Candi Borobudur yaitu Raja Samaratungga yang berasal dari wangsa atau dinasti Syailendra.

Kata Borobudur sendiri berdasarkan bukti tertulis pertama yang ditulis oleh Sir Thomas Stamford Raffles, Gubernur Jendral Britania Raya di Jawa, yang memberi nama candi ini. Tidak ada bukti tertulis yang lebih tua yang memberi nama Borobudur pada candi ini. Satu-satunya dokumen tertua yang menunjukkan keberadaan candi ini adalah kitab Nagarakretagama, yang ditulis oleh Mpu Prapanca pada tahun 1365.

Bangunan raksasa ini hanya berupa tumpukan balok batu raksasa yang memiliki ketinggian total 42 meter. Setiap batu disambung tanpa menggunakan semen atau perekat. Batu-batu ini hanya disambung berdasarkan pola dan ditumpuk. Bagian dasar Candi Borobudur berukuran sekitar 118 m pada setiap sisi.

Batu-batu yang digunakan kira-kira sebanyak 55.000 meter kubik. Semua batu tersebut diambil dari sungai di sekitar Candi Borobudur. Batu-batu ini dipotong lalu diangkut dan disambung dengan pola seperti permainan lego. Semuanya tanpa menggunakan perekat atau semen.

Sedangkan relief mulai dibuat setelah batu-batuan tersebut selesai ditumpuk dan disambung. Relief terdapat pada dinding candi, dimana candi ini memiliki 2670 relief yang berbeda. Relief ini dibaca searah putaran jarum jam. Relief ini menggambarkan suatu cerita yang cara membacanya dimulai dan diakhiri pada pintu gerbang di sebelah timur. Hal ini menunjukkan bahwa pintu gerbang utama Candi Borobudur menghadap timur seperti umumnya candi Buddha lainnya.

Saat ini, Candi Borobudur telah menjadi salah satu warisan dunia yang menjadi objek wisata menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain itu, Candi Borobudur telah menjadi salah satu tempat suci bagi penganut Agama Buddha di Indonesia.

Borobudur menjadi salah satu bukti kehebatan dan kecerdasan manusia yang pernah dibuat di Indonesia. Borobudur menjadi obyek wisata dan budaya utama di Indonesia selain Bali dan Jakarta. Setelah mengunjungi Borobudur, Anda bisa juga mengunjungi desa di sekitarnya seperti Karanganyar yang memiliki beberapa obyek wisata menarik.

Untuk memasuki Candi Borobudur ini, Anda harus membeli Tiket Masuk Borobudur terlebih dahulu. Harga Tiket Masuk Borobudur tidaklah terlalu mahal, akan tetapi petualangan dengan harga murah bisa Anda dapatkan jika berkunjung ke Borobudur.

Harga Tiket Masuk Borobudur untuk wisatawan domestik / nusantara diatas umur 6 tahun dikenai biaya masuk sebesar Rp 30.000,- / orang pada hari libur maupun hari biasa dan untuk umur dibawah 6 tahun akan dikenai biaya sebesar Rp 12.500 / Orang. Selain itu, Untuk wisatawan Asing akan dikenai biaya sebesar Rp 190.000,- / orang (Lebih dari 6 tahun) dan Rp 95.000,- /Orang (< 6 tahun).

Demikian informasi tentang Tiket Masuk Borobudur yang bisa Wisatamu.com berikan untuk Anda. Mungkin hanya itu yang bisa kami berikan tentang Harga dari setiap wahana yang ada di Candi Borobudur. Semoga Anda yang sedang mencari tempat atau objek wisata yang mengasikkan bisa berkunjung ke Candi Borobudur.

Tiket Masuk Borobudur

Berbagai informasi yang Wisatamu.com dapatkan ini didapat dari beberapa sumber yang terpercaya. Terima Kasih karena Anda telah berkunjung dan membaca artikel tentang Tiket Borobudur yang ada di Wisatamu.com.

You Might Also Like